Tinta Waterbase untuk Sablon Kaos


Jika sedang melakukan penyablonan kaos distro maka yang dibutuhkan selain media sablon adalah tinta sablon.untuk proses sablon kaos pun digunakan tinta tertentu supaya bisa menghasilkan sablon yang berkualitas baik yang bisa dibanderol dengan harga yang tinggi pula. Jenis-jenis tinta terdiri dari beragam macam salah satunya yaitu tinta waterbase.

Beragam Jenis Tinta Waterbase Sablon Kaos

Ada banyak sekali tinta waterbase untuk penggunaan sablon kaos di Vendora Kaos. Tinta waterbase artinya tinta yang menggunakan air sebagai dasar atau bahan utama. Berikut merupakan beberapa jenis tinta waterbase yang sering digunakan untuk penyablonan.

  • MAT MJM

Untuk melakukan penyablonan kaos bisa menggunakan jenis tinta sablon kaos waterbase Mat MJw atau disebut juga sebagai tinta mono bright rubber yang merupakan tinta jenis binder yang memiliki sifat elastis dan siap pakai. Kualitasnya sangat tinggi dan bisa menghasilkan hasil sablon yang baik dan berkualitas juga. Penyablonan menggunakan tinta jenis MJm akan menghasilkan sablon yang rata dan baik di atas kaos atau kain katun. Hasil yang akan diperlihatkan dengan MJM ini adalah sablonan yang matte finish dimana hasilnya tidak akan mengkilat.

Jenis rubber binder ada juga yang elastis dan menghasilkan sablonan yang semi glossy atau mengkilat yaitu tinta binder rubber 601. Lalu ada juga yang berbasis air tetapi dibuat untuk melakukan penyablonan pada menggunakan mesin rotary otomatis atau bisa menggunakan mesin hand print.

  • Waterbase Plastisol

Tinta sablon kaos yang lainnya yaitu kode 301 yang merupakan tinta waterbase yang dibuat untuk menyablon dengan waterbase pastisol ink. Tinta dengan kode ini tidak mudah mengering di screen dan tidak mudah menempel pula pada balik screen kecuali jika berwarna putih dan bisa menyablon dengan cara basah timpa basah atau disebut dengan teknik wet on wet. Hasil dari tinta jenis ini ialah sablonan yang halus atau soft hand sehingga tahan untuk dicuci serta tidak lengket. Tinta waterbase plastisol pun menjadi ramah lingkungan karena tidak mengandung EDC atau pun formalin.

  • Tinta Strech

Tinta strech merupakan tinta berbasis air yang siap untuk dipakai dengan sifat yang elastis dan harga yang ekonomis. Tinta jenis strech biasanya digunakan untuk penyablonan menggunakan mesin otomatis atau hand pint dan cocok sekali untuk printer yang ingin memiliki hasil yang mirip sekali dengan gambar asli. Hasil sablonan adalah jenis raster dot yang lebih halus jika dibandingkn dengan tinta jenis elastis yang ada pada umumnya. Tinta strech pun bisa digunakan untuk melakukan penyablonan dengan media berbahan katun lycra.

Tinta Waterbase untuk Sablon

Tinta sablon dengan bahan dasar air atau waterbase lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan efek samping berupa polusi pada kaos yang akan dipakai oleh anak-anak. Bagi orang tua sangatlah penting mengetahui apa dan tinta apa yang digunakan untuk melakukan penyablonan bagi kaos yang dipakai anaknya karena tinta yang tidak memiliki sertifikasi aman dan tidak menggunakan yang ramah lingkungan akan berakibat fatal bagi anak misalnya ada alergi atau terjadi keracunan akibat anak mencium aroma tinta atau memakan secara tidak sengaja bagian tinta atau sablon. Kami sarankan untuk hasil sablon yang bagus bisa menggunakan Tinta waterbase matsui

Ragam jenis tinta lainnya bisa dilihat dan dibandingkan dengan jenis tinta sablon kaos yang berbahan dasar air. Yang terbaik dan cocok ialah tinta waterbase karena banyak di pasaran, harganya bervariasi dengan hasil yang beragam pula tergantung pada jenis tinta waterbase yang digunakan.